Memilih lokasi yang strategis

LOKASI, adalah sebuah kunci sukses sebuah usaha minimarket. 51% kesuksesan sebuah minimarket adalah dipengaruhi oleh lokasi. Sebagus apapun minimarket nya jika lokasinya jelek maka omzet juga jelek. Tapi sejelek apapun minimarket nya jika lokasinya bagus maka omzet akan bagus. Apalagi jika anda telah memiliki LOKASI yang bagus dan strategis dan berniat membuka MINIMARKET yang bagus pula. InsyaAllah rejeki dan kesuksesan ada di tangan anda.

Lalu kriteria apa sebuah LOKASI dikatan bagus. Sebetulnya kriterianya umum saja. Mungkin anda sendiri juga telah pandai melakukan analisa seperti kami ini. Namun tak ada salahnya kami memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kriteria lokasi.

  1. Lokasi berada di pusat keramaian penduduk. Namun bukan jalur cepat, bukan jalur searah dan bukan jalur ganda.
  2. Lokasi berada di pusat kepadatan penduduk, semisal ditengah kompleks perumahan dengan penduduk lebih dari 500KK.
  3. Lokasi tidak banyak pesaing. Idealnya maksimal ada 2 pesaing.
  4. Lokasi berada di jalan yang lurus, bukan tikungan, bukan tanjakan, bukan turunan. Pembeli berbelanja untuk mencari yang mudah diakses.

Kami menyarankan anda tidak memilih lokasi meniru 100% seperti INDO atau ALFA. Dikarenakan kekuatan brand berbeda dengan minimarket kita. Mereka mampu mengambil ceruk pasar dari pelintas jalan, namun lemah pada kekuatan penduduk lokal. Jadi anda jangan menghitung jumlah pelintas jalan, hitunglah kekuatan penduduk disekitar lokasi.