Haruskah merekrut kepala toko?

Mungkin anda sering mendengar adanya sebuah jabatan “Kepala Toko”. Jabatan ini adalah jabatan penting dalam skala usaha minimarket. Seorang Kepala Toko mampu menentukan arah positif dan negatifnya sebuah minimarket. Minimarket akan maju dan tidaknya tergantung kepada Kepala Toko bagaimana memimpin rekan satu toko nya untuk mencapai tujuan profit. Kepala Toko yang baik wajib memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Jujur. Kepala Toko yang jujur saat ini sulit sekali ditemukan. Hampir seperti menemukan emas yang terpendam. Mungkin dari 10 Kepala Toko hanya ada 2 atau 3 yang bisa dikatakan memenuhi standar kejujuran. Memang secara logika tidak ada yang bisa jujur 100%, tapi paling tidak ada standar minimal kejujuran yang harus dipegang oleh seorang Kepala Toko. Semisal mengenai setoran kasir, selisih setoran antara fisik dengan komputer, bonus barang dari suplier, hadiah barang dari suplier, negosiasi order dengan suplier dan banyak laiinya.
  2. Loyalitas bekerja. Kepala Toko yang baik biasanya tidak bekerja “tepat waktu”. Jangan salah paham dulu, yang kami maksud adalah dia sudah mulai bekerja sebelum toko dibuka, dan tidak berhenti bekerja setelah toko selesai ditutup. Seorang Kepala Toko yang “tepat waktu” hanya akan bekerja 8 jam tepat, lebih mungkin tidak, kalau kurang mungkin iya.
  3. Marketing yang baik. Kepala Toko yang baik itu tidak menghabiskan waktunya dengan duduk di meja menghadap layar komputer. Kepala Toko wajib membuat ide-ide promosi dan sekaligus memimpin praktek promosi kepada konsumen dan lingkungan di sekitarnya. Kalau Kepala Toko hanya menunggu konsumen datang, tidak melakukan jemput bola, maka toko/minimarket tersebut akan sangat lambat untuk maju.
  4. Mampu memimpin. Kepala Toko yang baik mamapu membagi tugas kepada anggota tim. Tidak memonopoli semua pekerjaan yang pada akhirnya hanya akan menguras waktu dan tenaganya sendiri. Pembagian tugas yang tepat akan membantu efisiensi biaya toko. SDM toko jadi tidak perlu banyak. Sedikit SDM namun dengan hasil maksimal.
  5. Menguasai Product Knowledge. Seorang Kepala Toko wajib tau dan mengerti barang apa yang dibutuhkan oleh konsumennya. Harus mamapu membedakan amana yang FAST MOVING dan SLOW MOVING. Agar saat pembelian barang tidak salah mengatur budget.

Kami tidak menganjurkan Kepala Toko mengurus administrasi, administrasi sebaiknya ditangani oleh anda sendiri selaku pemilik toko atau orang kepercayaan yang telah anda tunjuk. Ini sebagai kontrol bagi Kepala Toko. Kepala Toko memiliki kewenangan yang besar dalam managemen toko, tapi tidak dalam hal keuangan dan administrasi. Jika 2 hal ini dicampurkan sangat rawan terjadi penyimpangan.