Memilih konsultan Minimarket

Business team discussing project with man pointing at the laptop

Saat ini ada banyak sekali orang ataupun perusahaan yang mengklaim sebagai konsultan minimarket. Tidaklah salah mereka mengklaim demikian. Karena ilmu retail ini telah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Yang membedakan dulu dengan sekarang adalah teknologi, perilaku konsumen dan persaingan bisnis.

Jika anda ingin memilih konsultan minimarket hendaklah memilih konsultan minimarket yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Berpengalaman minimal 5 tahun. Berpengalaman project di berbagai macam kota/daerah dengan karakter yang berbeda.
  2. Pernah mengerjakan skala kecil (modal dibawah 150jt) dan pernah mengerjakan skala terbesar (Supermarket atau toserba dengan modal diatas 1 Miliyar). Mengapa harus berpengalaman kecil dan besar. Karena setiap skala memiliki tantangan lapangan yang unik dan berbeda. Dalam minimarket skala kecil, konsultan harus memberdayakan sumber daya yang tersedia untuk dimaksimalkan sebesar-besarnya. Konsultan dituntut kreatif dengan budget yang minimal. Sedang dalam minimarket skala besar maka seorang kosnultan dituntut menyiapkan Struktur Organisasi, SOP dan membentuk ritme kerja yang produktif dan efisien.
  3. Tidak bertindak sebagai individu yang mengerjakan segala sesuatunya sendiri, melainkan telah membentuk sebuah institusi yang resmi. Sehingga Software, Hardware dan Rak minimarket merupakan produksi sendiri.
  4. Telah memiliki tim yang solid dan memiliki kapabilitas pada bidangnya masing-masing. Konsultan minimarket minimal memiliki 4 tim. antara lain: tim survey, tim IT, tim advertising dan acara, dan tim merchandise.
  5. Berpengalaman menangani upgrade toko sakit atau toko biasa menjadi minimarket dengan omzet yang lebih tinggi. Menangani toko sakit bebeda dan lebih berat dibanding membuat yang baru. Dikarenakan harus menguatkan sebuah brand yang telah dicap kurang baik oleh pembeli. Mengubah image yang telah ada pada masyarakat itu tidaklah mudah.

Demikian beberapa kriteria memilih konsultan minimarket yang terpercaya. Semoga sukses untuk anda!