Peluang usaha minimarket

Minimarket, sebuah bisnis yang mulai booming setelah krisis moneter 1998. Adalah sebuah fenomena dimana saat banyak usaha gulung tikar akibat rugi kurs dan gejolak ekonomi, bisnis minimarket justru makin moncer. Wajar dimaklumi karena minimarket menyediakan kebutuhan kita sehari-hari. Dan itu sifatnya hampir wajib dan pokok. Lalu banyak orang meyakini bisnis minimarket ini tahan krisis dan tahan banting.

Silih berganti berdiri minimarket-minimarket di daerah-daerah. Selama ada penambahan jumlah manusia maka jumlah minimarket tidak terbatas jumlahnya. Dikarenakan sebuah minimarket akan tetap hidup jika masih mengcover kebutuhan konsumen dalam 1000KK. Namun yang menjadi masalah akhir-akhir ini adalah sebuah ekspansi besar-besaran dari pemain berjejaring. Ada dua pemain besar yang selalu berkejaran, Jika yang satu buka  maka satunya akan menyusul buka, demikian sebaliknya. Inilah yang menjadi tidak sehat bagi pengusaha lokal.

Untungnya pemerintah mau hadir untukmembatasi jumlah mereka. Sehingga peluang bagi pengusaha lokal untuk mendirikan minimarket masih tetap ada. Seiring dengan bertambahnya pemukiman baru, pabrik baru, pemekaran kota dll maka seiring itu pula minimarket dibutuhkan kehadirannya. Peluang usaha dalam bidang minimarket masih terbuka lebar. Jika minimarket anda dikelola dengan benar pastilah akan survive dan berkembang. Jadi tidak perlu takut bersaing.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan, peluang bisnis ritel masih sangat lebar. “Jika punya inovasi pasti bisa bersaing dengan perusahaan ritel yang telah mapan,” ungkapnya.

Keuntungan membuka usaha minimarket:

  1. Omzet cenderung stabil. Grafik naik-turunnya omzet antara 10-20% saja.
  2. Cash Flow harian.
  3. Tidak ada batasan produk yang dijual. Anda bisa menjual alat tulis kantor, aksesoris atau alat listrik bahkan anda juga bisa menjual produk fashion.
  4. Menguatkan image pribadi anda. Membuka sebuah minimarket membutuhkan modal yang lumayan, dan dikarenakan anda memberdayakan SDM lokal maka image pribadi anda akan menguat sebagai tokoh masyarakat.