Taocafe, “Supermarket” Tanpa Antre dan Kasir Bikinan Alibaba

Alibaba memperkenalkan konsep supermarket baru bernama Taocafe, sebagai bagian dari Taobao Maker Festival yang kedua di Hangzhou International Expo Center, Provinsi Zhejiang, China.

Taocafe bisa disebut sebagai unmanned supermarket atau self-service supermarket. Intinya, supermarket itu tak dijaga oleh asisten toko, manajer, atau kasir sama sekali.

Pengunjung yang ingin masuk hanya perlu memindai QR Code pada aplikasi Taobao. Selanjutnya, pengunjung bebas belanja apa saja dan makan di food court yang tersedia.

Supermarket tanpa kasir Taocafe

Pembayaran dilakukan di akhir kunjungan. Tak ada transaksi dengan uang fisik, melainkan lewat layanan pembayaran digital Alipay, sebagaimana dihimpun KompasTekno.

Ketika keluar dari Taocafe, sistem bisa mendeteksi barang-barang apa saja yang pengunjung beli. Lantas sistem akan mengambil uang dari akun Alipay pengunjung tersebut secara otomatis sesuai nominal pembelian barang.

Bahkan, jika pengunjung menyembunyikan barang belanjaan di dalam tasnya -bukan pada plastik yang disediakan-, sistem dikatakan tetap mampu mengidentifikasinya dan memotong saldo Alipay secara langsung. Dengan cara seperti ini, antrean yang biasanya terjadi di depan kasir bakal terhindar.

Saat memilih makanan di food court dan hendak membayar, pengunjung bakal dihadapkan dengan layar yang dilengkapi speech-recognition.

Layar itu pun bakal bertanya “ini adalah makanan yang ambil. Anda yakin ingin bayar?” begitu suara otomatis yang terdengar. Jika jawaban pengunjung adalah “iya”, maka harga makanan pun akan dipotong dari saldo Alipay.

Inovasi dari Alibaba Group ini lagi-lagi bisa dibilang sebagai “penghancur” industri. Pengalaman yang diberikan pengguna adalah belanja lebih praktis, tak ribet mengeluarkan uang fisik, dan tak harus mengantre di depan kasir.

Tanpa biaya untuk tenaga kerja, biaya operasional Taocafe diperkirakan hanya seperempat dari supermarket tradisional. Satu-satunya yang harus dilakukan pemilik supermarket adalah mengisi ulang pasokan barang setiap hari.

“Taocafe mencoba memberikan pengalaman belanja yang unik dan pengalaman pembayaran yang berbeda pada pengunjung,” kata perwakilan Alibaba.

Konsep pertama Taocafe dibuka 24 jam dan berdiri di area 200 meter persegi. Perwakilan Alibaba mengatakan Taocafe diproyeksikan akan menjadi supermarket komersil yang tersebar di mana-mana, namun belum dalam waktu dekat. Kita tunggu saja.

Sumber  : tekno.kompas.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

*