Tujuan
- Memudahkan manager untuk mempersiapkan stock taking dengan baik
- Menjaga kelancaran stock taking
Prosedur
- Manager dan staf terkait bertanggung jawab atas pelaksanaan stock taking
- Semua peserta stock taking mengikuti peraturan umum yang telah ditentukan
- Manager wajib melakukan persiapan 2 minggu sebelum pelaksanaan stock taking
- Biaya stok taking telah dianggarkan
Persiapan Manager Operasi
- Manager memberitahukan dengan surat resmi kepada
- Direktur/Pemilik
- Para staff untuk pengaturan palaksanaan stock taking
- Entry data untuk mempersiapkan peng-entrian
- Manager bersama koordinator stock taking mempersiapkan
- Lay out stock taking 1 minggu sebelum pelaksanaan
- Pastikan semua barang ada label kode nya / barcode,
- Pastikan software stock taking bekerja dengan baik
- Manager memastikan barang retur telah dibuatkan surat retur / credit note dan apabila tidak bisa diretur dibuatkan surat pemusnahan barang rusak.
- Sebelum pelaksanaan stock taking disiapkan komputer kasir dan yang lainnya untuk bisa segera entry data
Persiapan Supervisor Toko sebagai penanggung jawab stok taking
- Pemeriksaan administrasi
- Pastikan faktur di gudang tidak ada yang tertinggal
- Pastikan tidak ada faktur retur/ credit note (CN) yang belum terdata
- Pastikan seluruh barang yang rusak sudah dimusnahkan dan di input/entry ke komputer
- Persiapan laporan 7 hari sebelum pelaksanaan
- Pastikan laporan hutang piutang telah terkendali hingga cut off pada saat stock opname
- Pastikan layout stock opname dan SDM yang ditunjuk sudah disosialisasikan
- Kontrol persiapan 1 hari sebelum pelaksanaan
- Penjelasan struktur organisasi pembagian tugas stock opname
- Berikan penjelasan tata cara stock opname yang benar
- Stock toko dan gudang sudah harus dirapikan dan diberi kode barang. Sebaiknya stok gudang dihitung terlebih dahulu sebelum hari pelaksanaan stock opname.
- Pisahkan stock Barang rusak (BS) dan barang yang sudah di retur ke supplier tetapi masih ada di gudang.
- Cek seluruh area toko dan gudang, pastikan sudah ada dan sesuai posisi price card/ kode barang dengan barang yang akan dihitung.
- Kumpulkan barang yang ada di tempat-tempat lain selain gudang di satu tempat
- Khusus barang barang kecil harus sudah dirapikan ( battery, rokok, sikat gigi, kosmetik, ATK dll).
- Pastikan semua rak pada posisi tengah shelving/ambal paling atas di toko dan gudang sudah ada nomor rak sesuai dengan pengelompokan /Group.
Misalnya Group A,B,C,D dst. No Rak A001, A002, B002, B003. C001 dst.
- Pastikan daftar barang pada rak sudah sesuai dengan barang di rak masing masing.
- Dipersiapkan kalkulator dan computer untuk penghitungan-penghitungan yang dibutuhkan.
- Persiapan Akunting CUT OFF data di toko 3 hari sebelum pelaksanaan
- Check buku tamu dan registrasi faktur
Semua barang yang masuk sudah terdaftar di buku tamu, dan semua bukti faktur sudah di input/entry.
- Check buku faktur pending di keuangan dan akunting
- Check ulang dan tanyakan ke bagian penerimaan barang MD sudah tidak ada lagi faktur dan buku tamu yang belum di input/entry
- Check kepastian penggunaan barang untuk toko dan kantor
- Check kepastian barang rusak (BS) dan mutasi barang
- Peraturan STOCK TAKING
- Jam Pelaksanaan
Jam 06.00 s/d selesai ( setelah selesai toko baru dibuka )
- Peserta stock taking
Seluruh karyawan toko setempat dan cabang lainnya
- Pelaksana : Team
- Pendamping : Karyawan toko setempat
- Recheker : Karyawan toko cabang lainnya
- Cut Off data : Administrasi toko dibantu Akunting
- Koordinator : Supervisor Akunting
- Penanggung jawab : Manager Operasi
- Jumlah peserta tergantung luas toko dan kesepakatan
- Ongkos stock taking. Nilai insentif kami serahkan sesuai kebijakan perusahaan
- Penentuan hari pelaksanaan stock taking
- Pelaksanaan stock taking
- Briefing oleh coordinator stock taking
- Briefing motivasi oleh manajer operasi
- Pemasangan pengumuman stock taking
PENGUMUMAN
MOHON MAAF TOKO TUTUP SEMENTARA,
KAMI SEDANG MELAKSANAKAN STOCK TAKING
PADA
HARI : ……………………………
TANGGAL : .……………………………
TOKO AKAN DIBUKA KEMBALI PADA JAM …………….
TERIMA KASIH
Hal-hal yang harus diingat saat stok opname adalah:
- Pastikan SDM yang melakukan stok opname adalah SDM yang teliti, tidak grusa-grusu dan rapi.
- Hitung barang dengan singkat, cepat namun tetap teliti. Bedakan antara warna, variasi dan jenis nya. Jangan menggampangkan dengan menghitungnya digabung dijadikan satu.
- Jika diperlukan adakan hitung silang. Yaitu yang awalnya Si A menghitung Rak E dan Si B menghitung Rak F. Lakukan silang untuk menguji. Si A menghitung Rak F dan Si B menghitung Rak E. Jika hasilnya tidak sama maka dapat dipastikan hasil stok opname tidak valid dan diperlukan hitung ulang bersama-sama.
- Hindari melakukan stok opname pada malam hari. Karena tingkat kelelahan menyebabkan margin error yang tinggi.
- Berikan bonus tambahan kepada karyawan karena adanya kegiatan stok opname ini. Hal ini untuk memacu mereka untuk tetap bersemangat.
- Tidak ada stok opname yang dilakukan dalam keadaan toko masih buka. Jika ada maka dapat saya pastikan hasilnya akan kacau.
- Lakukan cross check secara acak akan hasil opname mereka. Jika masih ada kita menemukan kesalahan hitung maka stok opname ini dipastikan tidak valid.
Salam Sukses