Menghadapi persaingan bisnis swalayan yang semakin ketat, Anda –sebagai pemilik swalayan, tentu harus senantiasa memikirkan inovasi yang bisa dilakukan. Inovasi dan strategi yang tepat tentu akan menjadi sebuah pelita yang membantu Anda mengatasi persaingan sambil terus menunjukkan eksistensi sebuah swalayan yang layak untuk diperhitungkan.
Sebenarnya, ada cukup banyak strategi yang bisa dilakukan agar swalayan yang Anda kelola tetap ramai dan setiap pelanggan yang datang merasa puas. Namun, salah satu yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah masalah layanan. Oleh karenanya, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips layanan usaha swalayan yang tentu bisa menunjang bisnis yang Anda kelola.
Ragam Tips Layanan Usaha Swalayan Untuk Menjaga Bisnis
Layanan memang menjadi hal yang cukup krusial untuk dipikirkan saat hendak menjaga eksistensi bisnis swalayan. Dengan layanan yang baik, maka setiap pelanggan yang datang akan merasa nyaman untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Nah, ada beberapa tips layanan usaha swalayan yang perlu Anda ketahui dan nantinya bisa Anda terapkan. Adapun beberapa tips yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:
1. Menjaga Kenyamanan
Hal paling pertama yang harus dilakukan terkait pelayanan pada pelanggan swalayan adalah menjaga kenyamanan. Ya, kenyamanan bagi setiap pelanggan adalah hal yang harus diusahakan. Dengan membuat swalayan Anda terkesan nyaman, tentu setiap pelanggan yang datang akan senang berbelanja di tempat yang Anda kelola.
Terkait kenyamanan swalayan, ada cukup banyak hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
- Memasang AC di dalam swalayan untuk menjaga suhu selalu sejuk
- Memberikan penerangan yang cukup
- Menjaga kebersihan lantai dan memastikan lantai tidak licin
- Menyediakan tempat parkir yang luas dan tempat istirahat
- Menyediakan toilet untuk pelanggan yang bersih dan terawat
- Dan lainnya.
2. Memberikan Empati
Memberikan empati adalah salah satu tips layanan usaha swalayan yang juga cukup penting. Biar bagaimanapun, empati akan cukup berpengaruh pada kenyamanan dari para pelanggan yang datang ke swalayan Anda untuk berbelanja. Dengan memberikan empati, maka pelanggan akan merasa dilayani dengan baik.
Lantas, bagaimana yang dimaksud dengan memberikan empati tersebut?
Memang, ada banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan sebagai wujud dari pemberian empati tersebut. Misalnya saja, karyawan Anda mendahulukan orang tua atau ibu-ibu atau anak yang rewel saat berbelanja. Selain itu, karyawan juga bisa memberikan bantuan kepada pelanggan untuk mencari barang yang dibeli.
- Memberikan Privasi
Selain memberikan empati kepada pelanggan, memberikan privasi adalah salah satu tips layanan usaha swalayan yang juga perlu diberikan. Terkadang, konsumen atau pelanggan yang datang memang ingin sendiri untuk memilih barang yang mereka cari. Meskipun lama, mereka cenderung tidak ingin diganggu saat berbelanja.
Oleh karenanya, ada baiknya jika konsumen yang datang diberikan waktu yang bebas untuk memilih barang yang akan dicari. Tahan pula keinginan untuk menanyakan barang apa yang mereka cari. Namun, jika konsumen tersebut bertanya, maka berikan bantuan sesuai yang diharapkan.
- Cepat Tanggap
Hal lain terkait tips layanan usaha swalayan yang harus dilakukan untuk memuaskan pelanggan adalah cepat tanggap atau bisa melihat situasi yang terjadi pada konsumen dengan cepat. Karyawan swalayan seharusnya bisa mengetahui jika karyawan butuh bantuan.
Misalnya saja, ketika ada konsumen kebingungan mencari barang yang hendak dibeli, maka karyawan sebaiknya segera datang memberikan bantuan. Selain itu, jika ada konsumen yang berbelanja tanpa keranjang dan membawa barang yang terlalu banyak, karyawan bisa menawari mereka keranjang atau bahkan membantu mereka membawakan barang tersebut.
Hal lain terkait poin ini adalah membantu konsumen memilih barang. Bisa jadi konsumen bingung membandingkan dua produk yang mirip yang ingin dibeli. Jika hal demikian terjadi, berikan bantuan atau masukkan untuk memudahkan mereka mendapatkan produk terbaik sesuai dengan keinginan mereka.
- Bersikap Ramah
Bersikap ramah adalah suatu keharusan untuk menghadapi konsumen. Keramahan karyawan adalah kunci dari kenyamanan konsumen dan juga kepuasan mereka. Oleh karena itu, setiap karyawan harus bisa bersikap ramah kepada para konsumen. Berikan muka yang teduh dan sikap yang bersahabat saat melayani para konsumen.
Selain itu, perhatikan hal detail yang berpengaruh pada kepuasan konsumen. Salah satu hal yang sebenarnya sepele namun cukup penting adalah masalah kembalian. Dalam hal ini, berusahalah untuk menyediakan kembalian yang tepat dan usahakan tidak memberikan kembalian dalam bentuk permen atau lainnya.
Nah, beberapa poin di atas bisa menjadi gambaran umum terkait bagaimana pelayanan terbaik yang harus diberikan kepada para konsumen. Tentu, dengan adanya tips layanan usaha swalayan tersebut Anda bisa memberikan kepuasan bagi para konsumen dan mereka akan merasa nyaman berbelanja di swalayan yang Anda kelola. Dengan demikian, usaha swalayan Anda bisa berjalan dengan lebih baik.
Jika Anda ingin mendirikan swalayan dengan layanan bisnis terlengkap, bergabunglah bersama Fastpay. Karena Fastpay memberikan layanan dan akses terlenkap serta teraman sehingga bisnis kamu akan mendapatkan profit tinggi setiap bulannya!
sumber :fastpay.co.id