Jurus Membangun Usaha Minimarket di Kota

Membangun usaha minimarket di kota adalah salah satu ide bisnis yang sangat menarik dan patut untuk dicoba. Memang, minimarket identik dengan wilayah perkotaan dan modernism, sementara desa cenderung lebih dipandang sebagai kawasan yang tradisional. Namun, semakin ke sini, seolah tidak ada sekat yang jelas terkait batas tradisional dan modernism.

Minimarket di kota identik dengan kebutuhan belanja cepat. Bagi laki laki sekedar beli rokok dan minuman tentu tidak ingin beli ke tempat yang proses nya panjang. Dicari yang simpel dan cepat selesai.

Harga jual di perkotaan cenderung diabaikan dan tidak terlalu berdampak signifikan. Justru pelayanan dan kelengkapan adalah yang utama.

Tips Membangun Usaha Minimarket di Kota

Adapun beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk membuat minimarket di KOTA adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan Bisnis

Perencanaan adalah hal yang begitu penting untuk dilakukan. Dengan perencanaan yang baik, bisa dikatakan usaha minimarket Anda juga akan berjalan dengan cenderung lebih baik. Hal yang harus disadari adalah margin keuntungan minimarket cukup beragam dan fluktuatif.

Ya, margin keuntungan tersebut akan bergantung pada BIAYA GAJI Sumber Daya Manausia menjadi biaya pokok bisnis Anda. UMR di perkotaan lebih tinggi daripada di DESA. Nilai Kehilangan Barang di Kota juga lebih tinggi daripada di DESA. Oleh karenanya, perencanaan mengenai besaran modal, besaran margin, potensi pendapatan yang diperoleh, jenis produk yang akan dijual dan lainnya harus dilakukan dengan cara yang matang.

2. Lokasi Minimarket

Sebagaimana bisnis lainnya, lokasi menjadi hal yang sangat esensial saat hendak membangun usaha minimarket di desa. Ya, lokasi ini tentu saja akan menentukan bagaimana nantinya bisnis Anda akan berjalan.

Oleh karena itu, saat hendak membangun usaha minimarket, maka pastikan Anda memiliki lokasi yang strategis dan mudah dilihat oleh potensi konsumen. Tidak hanya itu, sebaiknya, lokasi minimarket yang digunakan juga memiliki tempat parkir yang mencukupi dan memperhatikan aspek persaingan dengan usaha lain di sekitarnya jika ada. Jangan takut bersebalahan dengan minimarket yang usdah ada. Anda tinggal fokus menjadi pembeda dari yang sudah ada.

3. Desain dan Penataan

Apa yang menjadi garis bawah dari poin ini adalah pastikan jika minimarket yang Anda bangun memiliki desain layout yang rapi, bersih, mudah dicari oleh pembeli.

4. Kelengkapan Produk & Pelayanan Prima

Hal lain yang cukup penting dari persiapan untuk membangun minimarket di desa adalah kelengkapan produk tersebut. Tentu saja, dalam hal ini, produk yang lebih lengkap adalah yang lebih baik. Dengan kelengkapan produk yang lebih, maka potensi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan akan didapatkan dan minimarket Anda bisa laku keras.

Memang, melengkapi produk tersebut perlu modal yang cukup banyak. Oleh karenanya, ada strategi yang harus dilakukan dalam melengkapi produk yang menjadi komoditas. Dalam hal ini, lengkapi produk minimarket yang Anda kelola secara bertahap. Slow but sure nantinya berusahalah untuk memiliki lebih dari 1000 item produk –tergantung komoditas yang mau digunakan.

Ingat orang kota lebih kritis dalam pelayanan daripada orang desa. jadi jangan sampai ada kesalahan kesalahan kecil yang membuat pelanggan enggan datang kembali. Minimarket sebaiknya dibuka dengan jam operasional yang lebih panjang. Konsumen perkotaan sangat bervariasi jam kerja dan aktivitasnya. Ada yang bekerja sampai larut malam, atau banyak yang sekedar ngrumpi samapai malam.

5. Penetuan Harga Jual

Menentukan harga jual adalah salah satu hal yang bisa dikatakan sangat penting. Dalam hal ini, manajemen minimarket yang dikelola harus memiliki target konsumen yang jelas. Ini adalah ukuran yang cukup signifikan untuk menentukan harga jual yang nantinya akan ditetapkan.

Perlu diketahui bahwa penentuan harga jual ini sangat berpengaruh dalam dua arah. Pertama, harga jual akan berpengaruh pada kepuasan konsumen secara umum karena konsumen akan cenderung mencari barang dengan harga yang relatif lebih murah. Yang selanjutnya, harga jual juga akan berpengaruh pada promosi. Minimarket Anda bisa jadi terkenal karena harga murah yang ditawarkan.

Tentu, beberapa poin di atas tidak cukup untuk gambaran luas dan detail terkait rencana usaha minimarket di desa. Hanya saja, beberapa poin di atas bisa menjadi tolak ukur umum dari rencana membangun minimarket yang menguntungkan dan tentu bisa menjadi sumber pendapatan yang baru. Pelajari berbagai hal tentang minimarket dan pastikan Anda matang dalam mempersiapkannya.

Jika ingin konsultasi silahkan hubungi Bapak Putra selaku Head Marketing Paguvon